Senin, 09 Januari 2017

Dua Kampung Cina Manado





Oleh: Adrianus Kojongian









Barongsai di Tahun Baru Cina di Manado. *)








Kampung Cina Manado pernah terbagi menjadi dua kampung di penghujung abad ke-19. Pesatnya kemajuan orang Tionghoa di Manado, ditandai dengan pertumbuhan kaum peranakan,dan membanjirnya pendatang Tionghoa dari tanah leluhurnya, mau pun dari kota-kota besar lain di Indonesia.
   
Dengan penduduk hampir 2.000 jiwa di tahun 1871, pemerintah kolonial Belanda merasa perlu membagi Kampung Cina Manado menjadi dua Wijk (kampung), dipimpin oleh kepala yang disebut Wijkmeester. Saat itu Kampung Cina Manado dikenal dengan nama Leter F dan posisi Wijkmeester terakhir dijabat oleh Ong Bondjie yang merangkap Letnan, yang sejak tanggal 5 Maret 1871 naik jabatan sebagai Kapten Cina (Kapitein der Chineezen) Manado.

Kampung Cina Manado telah dibagi menjadi Wijk Leter F1 dan Wijk Leter G. Saat itu kampung di Manado terbagi atas sembilan Wijk. Diangkat sebagai Wijkmeester Leter F1 adalah Tan Tjoe Seng, sementara Wijkmeester Leter G bernama Po An.

Tahun 1878 kepemimpinan Wijk Leter G berubah. Po An digantikan oleh Tjia Goan Tho, sedangkan Tan Tjoe Seng masih sebagai Wijkmeester Leter F1. Tjia Goan Tho tidak lama menjabat, karena tahun 1879 ia digantikan oleh Teng Pian.

Tahun 1881 Wijkmeester Leter F Tan Tjoe Seng diganti Sie Boen Tiong (Sie Boentiong), sedangkan Wijkmeester Leter G Teng Pian berganti pada Oeij Boetjin.

Tahun 1882 posisi Wijkmeester Leter G kembali berganti. Kali ini diisi oleh Ong Tan Seng, sedang Sie Boen Tiong tetap Wijkmeester Leter F.

Hanya berumur tigabelas tahun, di tahun 1884 dua Kampung Cina Manado kembali disatukan, tinggal satu kampung saja, yakni Wijk Leter C. Residen Manado mengadakan reorganisasi perkampungan bagi orang Eropa, Borgo, Tionghoa dan Islam Manado. Bila sebelumnya terdiri atas sembilan wijk, kini disederhanakan tinggal tiga wijk saja, yakni Wijk A dan Wijk B untuk penduduk Eropa, dan Wijk C untuk orang Tionghoa.

Sie Boen Tiong diangkat sebagai Wijkmeester Leter C ini. Mantan Wijkmeester Leter G yakni Ong Tan Seng diangkat jadi asisten kepala pemadam kebakaran (adjunct brandspuitmeester) Manado, wakil dari orang Belanda bernama J.J.Klaversteijn. Kemudian nanti tanggal 18 Mei 1885 ia diangkat sebagai Letnan Cina Manado.(baca juga: Kapitein Tionghoa Manado (1), Kapitein Tionghoa Manado (2), Kapitein Tionghoa Manado (3) dan Inilah Kepala Tionghoa Manado).

Tahun 1885 jabatan Wijkmeester Leter C dipegang Sie Seng menggantikan Sie Boen Tiong. ***


*).Foto koleksi Rijksmuseum.

BAHAN OLAHAN:
Delpher Kranten.
Ensiklopedia Tou Manado
Sammlungen der Staatsbibliothek zu Berlin:
Regeeringsalmanak voor Nederlandsch-Indie 1872, 1879, 1882, 1883, 1885,1886.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.