Minggu, 16 Maret 2014

Surat Untuk Gubernur Jenderal





Inilah keberatan dan petisi Estephanus Sahelangi berbahasa Melayu seperti dikutip seutuhnya dari halaman 5 (suplemen) koran Soerabaiasch-Handelsblad hari Sabtu tanggal 9 Juli 1892. Dua surat adalah salinan berupa permohonan bertemu Komisaris W.O.Gallois, dan sebuah jawaban penolakan dari Sekretaris Kerckhoff.



REKWEST AAN Z.E.DEN GOUVERNEUR
GENERAAL
(Uit het Maliesch vertaald.)
                    
                                 ----- ----- ------
Inilah barang disampeikan apalah kiranja dengan berlimpa hormat kepada Sri Padoeka jang dipertoean besar.
Gouverneur Generaal jang koeasa atas, serta memarentah tanah Hindia Nederland.
             
            Soesoenan:
4 salinan soerat dan
3 pakket.

Memberi tahoe dengan kerindahan dan limpa limpa hormat saja kepala district I deri district P.R.Ponosakan, afdeeling Belang, residentie Menado, Estephanus Sahelangi, tinggal berroemah di negeri Ratahan.

Bahoea pada 16 April j.l. datanglah jang Termoelia Padoeka toean Commissaris deri Pemarentah besar di Batavia, di negeri Ratahan ketinggallannja lamanja 5 hari di negeri ini;

Maka samantara itoe saja jang bertanda ditanja apa tiada ampoenja barang kesoesahan dalam hati atau permintahan jang haros diberi tahoe kepada Padoeka toean Commissaris itoe? Djawabnja saja: ada toean Besar, akan tetapi, sedang saja mendengar chabar jang toean besar maoe terima segala toetoeran-toetoeran hal kaberatan deri kapala-kapala, hanja apakah ada tertoelis didalam kertas, maka sekarang saja lagi soeroeh toelis itoe, belom sadia adanja. Maka berkatalah toean Regeerings Commissaris: baiklah! kemoedian itoe mohonlah saja idzin akan masoekkan soerat-soeratnja saja itoe di negeri Menado, apabila Padoeka toean telah kombali di negeri itoe, maka berkatalah baik adanja.

Demikianlah sediakanlah soerat itoe, serta soeatoe rekest.

Pertama, Soeatoe soerat pengadoean deri hal kaberatan akan hal kesoesahannja anak-anak bala jang terpaksa dengan pakerdjaan.  Herendienst lebih katiga tahon jang telah liwat, jaitoe moelai de(ri) pada waktoe bangsawan toean Resident, Stakman memegang parintah didalam tanah Minahassa sahingga sekarang.

Kadua soeatoe pengadoean deri saja kapala-district I. deri district P.R.Ponosakan bagi toean pemarintah die afdeeling Belang J.N.Witteveen, maksoednja toean controleur itoe soedah maloekan saja jang bertanda dengen kasih marah, sebagei djoega ia adalah bertjakap dengan seorang koeli, semoeanja itoe di hadapan banjak orang, sehingga menghilangkan segala koeasa apatah saja menarima deri kandjeng Gouvernement, serta tiadakan segala kehormatan, apatah saja haros terima deri anak anak bala saja (dengan soesoenan 5 soerat).

Ketiga soeatoe rekest akan mohon sapaja di tetapkan bahoea district P.R.Ponosakan akan berpoenja soeatoe kapala district I, jang digelarkan ,,Majoor’’ dengan berpakei tongkat amas.

Sesoedahnja soerat-soerat ini siaplah, maka mohonlah saja idzin deri toean controleur dengan soerat tertanda 29 April, akan berangkat ke Menado (Soesoenan I).

Dengan soerat deri hari itoe djoega tanja’ah toean controleur pada saja: siapa nanti ganti saja samantara saja di Menado. (Soesoenan I.I.).

Maka dengan sasegrahnla berilah saja djawab, jang Hoekoemtoea Tosoeraja nanti mendjadi wakilnya saija samantara saja belom poelang.

Besok paginja di panggillah wakilnja saja itoe oleh toean controleur dan berangkatlah ia sesama akan memariksa pakerdjaan. Maka berangkatlah saja djoega ka Menado.

Pada….hb. Mei tibahlah saja di Menado kabetoelan toean besar Regeerings Commissaris telah berangkat ke Ajer madidi kerna, pada…hb. Mei baliklah toean besar itoe ka Menado berfikir baiklah djangan saja liwat kapala pamarentah toean Resident di Menado; jaitoe deri hal saja jang bertanda ampoenja pengadoean atas hal perboetannja toean controleur J.N.Witteveen, maka datanglah pada…,hb.Mei pada toean Resident akan menjembahkan soerat pengadoean itoe, maka… heb.Mei baharoelah saja balik ditrima oleh toean Resident.

Maka soerat ini berpoenja permohonan akan periksa perkara antara toean Witteveen itoe dengan saja, serta beri pengadilan.

Soerat jang lain tersebut di atas jang maoe saja atoerkan pada tuan Besar Commissaris itoe, adalah berpoenja permohonan: Sopaja Padoeka toean itu kasihan hati kapada district Passan Rataha Ponosakan, akan lain kali berikanlah kepada district itoe (afdeeling Belang) soeatoe controleur jang boekan lagi anak akan tetapi soeda berpoenja pikiran jang tetap akan memarentahkan soeatoe afdeeling.

Perkara pengadoean ini maoelah saja sampeiken kapada Padoeka toean Commissaris, pada waktoe lagi di Ratahan, akan tetapi  hati saja amat bimbang serta berasa maloe, sebab Padoeka toean Commissaris  itoe adalag bermondok di roemahnja toean controleur.

Kemoedian pada…hb Mei toelislah saja soetoe soerat kapada Padoeka toean Commissaris kan mohon bertemoe nijetnja saja akan atoerkan katiga soerat terseboet, di atas didalem penimbangannja dan nijatnya saja djoega nanti semoea itoe diterangkan lebih dengan moeloet.

Akan tetapi dengan kaget terimalah soeatoe djawab mewartakan oleh toean Secretaris deri Padoeka toean Commissaris, bahoea saja trada bole di trimah, sebab trada mendapat idzin deri toean Controleur atau Resident akan datang di Menado.


SOESOENAN
IV

Maka heranlah saja sekali sebab lain deri pada soerat idzin deri toean controleur, tersebut diatas, maka pada kelemarennja soeda djoega saja kasi tahoe pada Bangsawan toean Resident jang saja hendak  katemoe Padoeka toean Commissaris, dan toean Resident trada soedah bitjara soatoe apapon, hanya soeroeh saja lekas poelang  sebab toean President Landraad ada di Ratahan bernanti saja.

Saterimanja toean Secretaris deri Padoeka toean Commissaris, maka datanglah saja berhadap poela pada toean Bangsawan Resident, dengan minta katrangan dari hal itoe; akan tetapi Bangsawan toean Resident prentahkan saja akan lantas berangkat poelang ka-Ratahan. Maka djam itoe djoega saja berangkat dan besok paginya kirimlah saja chabar kapada toean contr.dengan soerat tertanda 7 Mei 1892 No.228, sedang toean President Landraad ada di roemahnja toean controleur, jang saja soedah kombali di Ratahan.

Maka deri maksoed terseboet, soeratnja saja, jang ingatannja saja akan serahkan kepada jang Tertinggi Moelia Padoeka toean Regeerings Commissaris dengan maoe beri katerangan lebih dengan moeloet trada djadi diatorkan.

Maka soerat itoe saja hamba jang rindah ambil kaloeasan hati dengan ini hentarkan kabawahdoelinja Seri Padoeka jang di pertoean Besar, dengan pengharapan dan permohonan jang rindah ambillah Seri Padoeka itoelah didalem penimbangan jang toeloes dan adil adanja.

Terboeat di negeri Ratahan pada 12 Mei 1892
oleh saja hamba jang amat rindah,
Hm.besar, district P.R.Ponosakan,
      (Wg).) E.Sahelangi.

Afschrift!
                                                   MENADO;  6 Mei 1892.

Kita memberi tahoe kapada toean Hoekoem Besar district Ratahan, bahoea toean besar Regeerings Commissaris, tiada soeka menerima permintaan toean hoekoem besar, sebab tiada minta idzin pada toean controleur atau pada toean Resident Menado aken dateng di Menado.

De Secretaris van het Lid in den
Raad van Ned.Ind. belast met eens
zending naar Menado (W.G.) van
Kerkhoff.

 Kepada,
                                     E.Sahelangi,
Hoekoem Besar district Ratakan,
                                    Sekarang di
     Menado.
                                               
                                                     -----------------

Afschrift!

Ini’ah barang disampeken kepada
jang Tertinggi Moelia Padoeka Toean
Regeerings-Commissaris jang sekarang
adalah dengan kesenangan die Negrie
                                            Menado.
Saja jang bertanda dibawah ini Estephanus Sahelangi, Hoekoem-Besar distrik P.R.Ponosaken, afdeeling Belang, mohon dengen limpah hormat aken berdjoempah dengen Padoeka toean jang Tertinggi Moelia, harep dan mohon Padoeka toean soeka dan kasihan hati, akan chabarkan pada saja jang bertanda apabila djam apa Padoeka toean, senang hati, nanti berdjoempah saja.
       
 Hoekoem Besar,
district Passan Ratahan Ponosakan,
(    w.g.) E.Sahelangi.

Posting Komentar